Kegiatan dan Motivasi Anak Yatim

Sahabat Dalam hidup ini perlu kita ketahui ada baiknya dalam kehidupan anak yatim untuk dibekali iman dan takwa dalam kegiatan sehari-hari mereka. Untuk pengetahuan dalam kegiatan anak yatim sebaiknya harus diisi dengan berbagai kegiatan yang nantinya dapat meningkatkan kualitas diri, sehingga mereka memiliki bekal ketika menjalani kehidupan sosialnya kelak. Dimana adanya bekal yang mampu membuat hidup mereka mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Berbagai kegiatan yang dilandasi iman dan takwa misalnya rajin beribadah atau berdoa sebelum malakukan aktivitas mereka. Kegiatan ini juga akan mampu membuat mereka mandiri seperti mencuci baju mereka sendiri, memasak, membersihkan kamar dan lingkungan sekitarnya, kemudian dibekali berbagai macam ketrampilan yang merupakan bekal iman dan takwa. Yang artinya dalam hal ini kehidupan anak yatim tidak hanya membutuhkan pendidikan formal namun informal juga penting.

Pada dasarnya kita dapat mengambil bagian dalam kehidupan anak yatim. Yaitu kita dapat melakukan berbagai kegiatan untuk anak yatim dengan kegiatan sosial maupun keagamaan. Kegiatan keagamaan disini seperti; pengajian, bersedekah, dan lain sebagainya. Disisi lain kegiatan sosial yang menopang kehidupan anak yatim dengan mengadakan pelatihan atau pemberian ketrampilan misalnya menjahit, menulis, beternak dan lainnya. Tak hanya itu adapun kegiatan sosial yang lain, seperti memberikan buku-buku untuk melengkapi koleksi buku pada perpustakaan mereka dan lainnya. Karena sebagai umat Rasul kita memiliki tanggung jawab untuk memuliakan anak-anak yatim itu.

Adapun hal lain yang dapat dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan diri anak yatim. Tentunya tidak dapat dipungkiri bahwasanya kebanyakan anak-anak yatim merasa rendah diri. Mereka menjadi iri dan minder terhadap teman mereka yang memiliki keluarga lengkap. Dalam hal ini untuk meningkatkan kepercayaan diri anak yatim tersebut diberikannya berbagai kegiatan yang akan motivasi agar mereka lebih berani dalam kehidupan mereka. Tentunya berbagai kegiatan positip yang dapat memotivasi kehidupan mereka dimana dapat memberikan semangat pada kehidupan mereka. Selain itu diberikan pula kegiatan berupa ketrampilan dalam kehidupan anak yatim tersebut sebagai kegiatan yang dapat memotivasi kehidupan mereka.

Tulis Komentar