Anak Yatim Perlu Dibekali Iman

Anak Yatim Perlu Dibekali Iman

Ada baiknya dalam kehidupan anak yatim sebaiknya dibekali iman dan takwa dalam kegiatannya sehari-hari. Kegiatan anak yatim ini sebaiknya lebih banyak diisi oleh berbagai kegiatan yang nantinya bisa meningkatkan kualitas diri mereka sehingga memiliki bekal ketika menjalani kehidupan sosialnya nanti. Bekal agar mereka mampu hidup mandiri tidak bergantung pada orang lain. Berbagai kegiatan yang dilandasi iman dan takwa misalnya rajin beribadah atau berdoa sebelum memulai aktivitasnya. Kemudian kegiatan yang akan membuat mereka mandiri misalnya mencuci baju mereka sendiri, memasak, membersihkan kamar dan lingkungan sekitarnya kemudian dibekali berbagai macam ketrampilan. Mereka tidak hanya perlu pendidikan formal namun juga informal. Membutuhkan berbagai macam buku untuk meningkatkan ilmu yang mereka miliki.

Anda bisa mengambil bagian di dalamnya
Anda bisa mengambil bagian dalam kehidupan anak yatim. Bagaimana caranya? Anda bisa melakukan berbagai kegiatan untuk anak-anak di panti anak yatim. Kegiatan sosial maupun keagamaan. Kegiatan keagamaan misalnya anda melakukan pengajian, kegiatan sedekah, dan lainnya. Kegiatan sosial yang bisa anda lakukan misalnya dengan mengadakan pelatihan atau pemberian ketrampilan misalnya menjahit, menulis, beternak dan lainnya. Kegiatan sosial lainnya misalnya memberikan buku-buku untuk melengkapi koleksi buku pada perpustakaan mereka dan lainnya. Karena sebagai umat Rasulullah SAW maka kita memiliki tanggung jawab untuk memuliakan anak-anak yatim tersebut.

Meningkatkan kepercayaan diri mereka
Tidak bisa dipungkiri bahwasanya tidak sedikit dari anak-anak yatim piyatu yang merasa rendah diri. Mereka bisa jadi merasa iri dan minder dengan teman-temannya yang memiliki keluarga inti yang masih lengkap. Nah, untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka tersebut maka diberikan berbagai kegiatan bagi mereka. Kegiatan yang akan memberikan motivasi agar lebih berani dalam kehidupannya nanti dan tidak merasa berbeda dari orang lainnya. Berbagai kegiatan yang memotivasi mereka agar lebih bersemangat menjalani kehidupan mereka. Berbagai kegiatan ibadah untuk meningkatkan iman dan ketakwaan mereka sehingga lebih yakin sebagai hamba Allah SWT dan umat rasululah SAW. Selain itu diberikan pula kegiatan berupa ketrampilan dalam kehidupan anak yatim tersebut.

Tulis Komentar